4 Tips Liburan Hemat di Jepang

Jepang merupakan salah satu negara impian setiap orang. Selain negaranya yang memang indah, Jepang masih kental dengan berbagai budaya dan teknologi yang sangat menarik untuk di eksplore. Namun, sebelum pergi ke Jepang, Anda harus paham bahwa Jepang merupakan negara mahal yang butuh anda siapkan budget traveling yang tidak sedikit.

Apalagi biaya kebutuhan akomodasi dan transportasi di Jepang yang memang tidak murah juga tidak ada alternatif lain. Berbeda dengan makanan-atau minuman yang bisa Anda cari alternatifnya, akomodasi dan transportasi sangat sulit bagi Anda untuk mencari alternatifnya di Jepang.

Tips Hemat Liburan di Jepang
Namun, Anda tidak perlu khawatir. Apakah Anda termasuk orang yang sedang berencana liburan ke Jepang namun takut over budget? Tak perlu bingung apalagi khawatir, banyak tips yang bisa Anda lakukan untuk menekan budget saat berlibur ke Jepang. Berikut ini tips-tips liburan hemat ke Jepang yang harus Anda coba :

  1. Jangan Lupa Membuat E Paspor
    E-paspor dari Indonesia memiliki banyak sekali keuntungan, yang mana salah satunya ialah bebas visa. Lalu mengapa harus e-paspor? Sebenarnya bisa saja jika Anda ingin menggunakan paspor biasa, namun apabila Anda memiliki e-paspor, paling tidak Anda akan bisa berhemat untuk membayar visa Jepang. Mengapa begitu? Karena dengan e-paspor Anda telah berhak untuk mendapatkan visa waiver Jepang atau yang lebih dikenal dengan bebas visa Jepang, hanya dengan cara mendaftarkan e-paspor yang Anda miliki ke Kedutaan Besar Jepang. Sangat lumayan kan, jika Anda bisa berhemat biaya visa ratusan ribu dengan memiliki e-paspor saja?
  2. Onigiri Pengganjal Perut
    Onigiri merupakan salah satu makanan khas Jepang yang sangat diincar para wisatawan. Kabar baiknya, onigiri merupakan salah satu makanan murah di Jepang. Jadi, tak semua makanan di Jepang mahal sehingga Anda bisa memilih jenis makanan sesuai dengan budget yang Anda miliki, contohnya onigiri. Makanan ini juga cukup mengenyangkan dengan isian berupa nasi kepal yang memiliki rasa khas dan lezat. Selain rasa yang enak juga harganya murah, onigiri juga sangat mudah ditemukan di setiap minimarket yang berada di Jepang.
  3. Lakukan Wisata Gratis
    Tempat wisata di Jepang banyak sekali, mulai dari wisata alam, tradisional, game, seru-seruan, dll. Namun apabila Anda ingin berhemat, Anda bisa memilih untuk datang ke wisata-wisata yang gratis saja. Meskipun wisata yang Anda pilih gratis, wisata-wisata gratis di Jepang tak akan mengecewakan.

Beberapa destinasi wisata gratis yang sangat menarik untuk dikunjungi di Jepang yaitu Himawari no Sato, Jalan Shibuya, Taman Asakusa, distrik Harajuku, Taman Ueno, Kuil Meiji, juga masih banyak lagi. Anda juga bisa memilih satu atau dua tempat berbayar apabila merasa bosan dengan wisata gratis. Bukankah ini sudah sangat bisa menghemat budget Anda?

  1. Menggunakan Japan Rail Pass
    Transportasi dan akomodasi di Jepang memang seragam dan mahal. Hampir seluruh masyarakat disini menggunakan transportasi umum berupa kereta. Tentu saja resikonya Anda tidak memiliki alternatif lain dari transportasi umum yang terbilang mahal, kecuali jalan kaki atau bersepeda. Meski begitu, kabar baiknya adalah hampir seluruh wilayah di Jepang telah terjangkau kereta, jadi ini bisa menjadi transportasi yang efektif untuk perjalanan Anda.
    Beruntungnya, Japan Rail Pass merupakan kartu yang dapat menolong Anda. Kartu ini semacam jenis kartu yang akan memberikan unlimited acces selama batas waktu tertentu. Anda hanya cukup membayar di awal pembuatan.
    Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk liburan hemat di Jepang. Jadi jangan takut over budget ya !